Apel Fuji: Cara Makan Yang Benar, Dan Nutrisi Yang Terkandung Di Dalamnya

Apel Fuji  | TaniHub
source gambar : tanihub.com

 

Buah satu ini memiliki banyak fans, karena rasanya yang manis dan juga dagingnya yang renyah plus padat. Selain untuk dikonsum secara langsung, buah apel bisa untuk diolah menjadi kue seperti apple pie ataupun selai apel. Salah satu jenis apel yang nikmat untuk dikonsumsi dan diolah yaitu apel Fuji.

Apel Fuji adalah buah yang punya banyak kandungan gizi. Hal ini terbukti apel Fuji bisa menjaga kesehatan tubuh bagian luar dan juga dalam. Ada dua pendapat tentang cara makan apel yang benar. Ada pendapat yang mengatakan bahwa apel harus dimakan dengan kulitnya. Hal ini disebabkan kulit apel memiliki banyak gizi yang diperlukan tubuh.

Tapi ada juga yang berpendapat kulit apel juga berpotensi mengandung zat lilin dan pestisida yang jika terserap tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dengan alasan itu, beberapa orang memilih makan apel dengan cara mengupas kulitnya.

 

Cara Terbaik Makan Apel

Mau dikupas atau tidak, apel sama-sama bernilai gizi tinggi. Apel juga dianggap buah “Dewa” sebab terbukti bisa memberi segudang manfaat bagi kesehatan. Karena dalam apel Fuji terkandung banyak mineral dan vitamin. Jiika membahas cara makan apel dikupas atau tidak, keduanya memberikan pasokan gizi yang berbeda. Secara khusus, berikut ini perbedaan gizi bila makan apel dengan kulit atau dikupas.

  • Vitamin C

Kandungan terbanyak dalam apel Fuji adalah vitamin C. Vitamin C adalah kunci penting dalam menjaga system kekebalan tubuh buat basmi kuman penyebab penyakit. Vitamin C juga berperan dalam melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Untuk apel yang dikupas, kandungan vitamin C hanya 8,6 miligram. Untuk apel yang tidak dikupas, kandungan vitamin C sekitar 10,3 miligram.

  • Potasium

Kandungan potassium dalam makanan harus diperhatikan. Hal ini disebabkan zat gizi tersebut adalah salah satu komponen penting yang memiliki tugas menjaga kesehatan organ vital seperti jantung, sistem saraf dan otot.

  • Vitamin A dan K

Vitamin A dan K punya peranan penting untuk pelihara kesehatan dan kerja mata, kulit, tulang maupun organ tubuh lainnya. Apel yang dikupas mempunyai 82 IU vitamin A dan 1,3 mikrogram vitamin K. Untuk apel yang tidak dikupas mempunyai 120 IU vitamin A dan 4,9 mikrogram vitamin K.

  • Serat

Zat gizi lainnya yang berpengaruh dengan ada tau tidaknya kulit apel adalah serat. Kenyataannya kulit apel merupakan bagian yang berisi paling banyak serat. Apel yang sudah dikupas terkandung 2,8 gram serat, sedangkan apel yang tidak dikupas kulitnya terkandung 5,4 gram serat didalamnya.

 

Jika mengacu pada hal diatas, terlihat bahwa konsumsi apel dengan kulit adalah yang paling baik. Untuk menghapus zat lilin dan pestisida yang melekat di kulit apel, Anda dapat menghilangkannya dengan mencucinya dulu sebelum dimakan. Bahan yang terbukti efektif untuk menghilangkan zat lilin dan pestisida adalah baking soda.

Itu tadi penjelasan atau ulasan tentang cara makan yang benar dan nutrisi yang terkandung di dalam apel Fuji. Jika Anda sedang mencari buah apel atau buah-buahan yang lainnya bisa cek di platform online TaniHub di laman https://tanihub.com . Di TaniHub selain buah, tersedia juga sayur, sembako, daging, telur, dan bumbu masakan yang diambil dari petani yang ada di Indonesia secara langsung. Obat-obatan pun juga tersedia disini. Jadi sangat lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *