Best MBA Program, Salah Satu Daftar Peringkat Terbaru dan Bergengsi Fortune di Bidang Pendidikan

FORTUNE® Indonesia 100 Resmi Diluncurkan

Jika sebelumnya majalah bisnis Fortune Indonesia hanya memfokuskan daftar ranking alias peringkat mereka di bidang usaha, sosok berpengaruh, hingga influencer ternama, kali ini Fortune education mulai membuat daftar peringkat baru di dunia pendidikan dengan tajuk Best MBA Program. Menariknya, beberapa pihak menyayangkan proses penilaian dari daftar peringkat ini yang dinilai kurang valid dan berikut ini beberapa fakta penting lainnya tentang daftar peringkat ini yang mungkin saja ingin Anda tahu.

  1. Newcomer

Fortune Magazine bisa dibilang sebagai pendatang baru dalam membuat peringkat tentang program MBA tetapi apakah Fortune menawarkan sesuatu yang baru dan tidak dimiliki daftar peringkat versi lainnya? Nyatanya, ada beberapa catatan kecil tentang penyelenggaraan daftar peringkat ala Fortune Magazine yang  menjadi sorotan.

  1. Pemegang posisi teratas tidak mengejutkan

Seperti yang dilansir Fortune Education, daftar peringkat Best MBA Program ini tidaklah mengejutkan ataupun memberikan hasil berbeda dengan yang sudah ada dengan susunan 3 besar yaitu Harvard Bussines School, menyusul Stanford di peringkat ketiga, dan selanjutnya Wharton berada di posisi ketiga teratas.

  1. Metode penelitian yang sedikit berbeda

Meski menghasilkan daftar peringkat yang kurang lebih sama dengan peringkat sebelum-sebelumnya, metodologi penelitian yang diusung Fortune Magazine dalam Best MBA Program ini agak berbeda yaitu dengan mengukur besaran pendapatan pada kelas MBA, reputasi sekolah bisnis, dan hasil karir para alumni di mana menurut beberapa pihak sistem penilaian yang seperti ini cukup mengecewakan.

  1. Fokus penekanan yang berbeda

Penilaian yang disusun Fortune Magazine menekankan pada poin yang agak berbeda yaitu lebih menekankan pada besaran pendapatan di mana poin pendapatan awal dan penempatan kerja paska lulus menempati porsi 65% dari metodologi pengurutan peringkat. Hal ini setara dua kali lipat dengan porsi penilaian yang diberikan pada tipe penghargaan serupa oleh US News dan Bloomberg Bussinesweek, meski begitu Fortune tidak memperhitungkan kenaikan gaji berkala dari waktu ke waktu layaknya Financial Times dan Economist.

  1. Brand alias merek menyumbang poin

Sebesar 25% adalah porsi penilaian yang didasarkan pada merek atau brand sekolah yang dinilai berdasarkan survey secara professional pada sejumlah professional bisnis mengenai pendapat mereka tentang sekolah-sekolah yang dinilai. 10 % sisa porsi penilaian diambil dari segi bagaimana sekolah memfasilitasi lulusan mereka untuk menempati posisi-posisi terbaik di perusahaan-perusaan besar.

  1. Batasan peringkat MBA Fortune

Menyikapi besarnya komunitas alumni sekolah bisnis dan fakta bahwa responden yang dihubungi untuk penilaian ternyata bisa dengan gambling menyebutkan almamater mereka, Fortune pun memberikan hak istimewa kepada beberapa sekolah besar dan brand-brand sekolah elit. Hal ini bisa dilihat dalam peringkat 10 besar Best MBA Program yang diisi oleh nama-nama besar dari sekolah elit dan ternama Amerika Serikat.

  1. Bisakah daftar peringkat ini dipercaya?

Faktanya, daftar peringkat Best MBA Program yang dirilis Fortune Magazine ini tidak menawarkan sesuatu yang baru dan kenyataan bahwa Fortune lebih berfokus pada sekolah-sekolah elit sehingga tidak membawa perspektif baru yang berbeda. Metodologi penilaian yang tidak terlalu rumit dan berciri khas seperti daftar peringkat lainnya yang pernah ada serta lebih banyak berfokus pada gaji membuat daftar peringkat Fortune menghasilkan gambaran yang justru menyimpang dari nilai-nilai dasar sekolah itu sendiri.

Itulah tadi beberapa fakta menarik mengenai Best MBA Program versi Fortune yang faktanya tidak memberikan ciri khas spesifik, memiliki metodologi yang agak membingungkan, plus hasilnya mengecewakan karena lebih mengutamakan pendapatan. Menurut Anda, apakah poin-poin yang disampaikan di atas cukup masuk akal atau Anda punya pendapat yang berbeda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *