Mengenal Nutrisi Jambu Kristal dan Manfaatnya

Jambu Batu Merah kg

Jambu kristal merupakan jenis jambu biji yang memiliki biji lebih sedikit daripada jambu biji biasa. Buah jambu ini terkenal dengan rasanya yang manis dan sensasinya renyah. Jambu kristal adalah pilihan yang tepat bagi anda yang mau makan jambu biji tetapi khawatir dengan bijinya. Dilansir dari HelloSehat, jumlah biji jambu kristal hanya berkisar 3-8%dari bagian daging buahnya.

Nutrisi Jambu Kristal

Jambu kristal begitu menarik. Tidak hanya harga jual dan keuntungannya bagi para petani, tetapi bentuk dan ukurannya pun menarik. Daging buah jambu ini tebal berwarna putih bersih. Rasanya renyah dan lunak ketika dikunyah. Banyak orang suka jambu kristal tidak hanya karena rasanya, tetapi juga bijinya yang sedikit. Sehingga anda tidak perlu takut biji jambu nyangkut di gigi.

Selain karena rasanya yang enak, jambu kristal banyak dipilih karena nutrisinya. Jambu kristal mengandung banyak vitamin penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalamnya terkandung vitamin C, vitamin A,  asam lemak tidak jenuh, omega 3 dan omega 6, dan tentunya serat. Jambu kristal kaya serat seperti buah lain pada umumnya. Berkat kandungan serat pangan inilah, jambu kristal sangat baik untuk membantu memperlancar pencernaan. Diare atau sembelit, anda bisa mengonsumsi jambu kristal untuk mengatasi keduanya.

5 Manfaat Jambu Kristal

Jambu kristal termasuk buah yang tidak sulit perawatannya. Bahkan ada banyak orang yang menanam jambu kristal di pekarangan rumah. Nutrisi yang terkandung di dalam jambu kristal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan ketika mengonsumsi buah jambu kristal.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Serat pangan merupakan nutrisi yang penting buat tubuh. Manfaatnya sangat besar dalam membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sumber serat bisa anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Jambu kristal adalah salah satu buah yang kaya serat. Dengan rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu dalam menormalkan gerakan usus. Dengan begitu, anda akan mudah ketika mengeluarkan feses. Jadi, jangan malas mengonsumsi buah dan sayur agar anda bisa terhindar dari diare ataupun sembelit.

2. Meningkatkan imun tubuh

Tidak hanya kaya serat, jambu kristal juga mengandung vitamin C yang sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Anda akan terhindar dari radikal bebas dan berbagai penyakit lainnya berkat sifat antioksidan dari vitamin C.

3. Meredakan flu dan batuk

Anda flu atau batuk? Segera atasi agar tidak memburuk. Anda tidak perlu bingung. Dengan mengonsumsi jambu kristal, batuk dan flu bisa diredakan. Manfaat ini bisa didapat dari kandungan flavonoid dalam jambu kristal. Nah, flavonoid ini bersifat antibakteri sehingga bisa mengurangi peradangan. Proses penyembuhannya menjadi lebih baik berkat vitamin C dalam jambu kristal.

4. Menyehatkan mata

Jika menginginkan mata sehat, anda tidak harus mengonsumsi wortel. Jambu kristal pun dapat membantu mata anda agar tetap sehat. Jambu biji kristal mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jadi jika anda ingin terhindar dari gangguan mata, tidak perlu ragu untuk mengonsumsi buah jambu, terutama jambu biji kristal.

5. Melembapkan kulit

Kandungan vitamin C dalam jambu kristal tidak sekadar menjaga imun tubuh, tetapi juga menjaga kelembapan kulit. Jambu kristal dapat membantu anda membuat kulit tetap lembap. Selain itu, kandungan jambu kristal tersebut juga dapat menyehatkan kulit, mencegah penuaan dan mengatasi masalah kulit seperti kulit kemerahan atau iritasi.

Nah, demikian itu hal mengenai jambu kristal dan manfaatnya. Jika anda mau, berkunjunglah ke TaniHub. Selain cara belanjanya yang online, praktis dan cepat, TaniHub memiliki stok jambu kristal yang dijamin segar dan berkualitas. Produk bukan impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *