Cara Membuat Jebakan Tikus dari Bahan Bekas

Diserang Tikus, Pemerintah Australia Evakuasi Penjara

Tikus adalah salah satu hewan hama yang biasanya selalu ditemukan di beberapa rumah. Tidak hanya mengotori dan merusak benda-benda di rumah, tikus juga merupakan hewan yang dapat membawa penyakit serius apabila dibiarkan masuk. Oleh karena itu, supaya tikus tidak bersarang di rumah terutama di dapur, dibutuhkan cara mengusir tikus yang ampuh, salah satunya dengan membuat jebakan tikus. Karena apabila dibiarkan terlalu lama, tikus akan semakin banyak, karena berkembang biak dengan sangat cepat. Namun, apabila kita dapat menangkap induknya tentu dapat mencegah hewan pengerat itu. Berikut ini adalah beberapa jebakan-jebakan tikus dengan menggunakan alat dan bahan yang dapat kita buat dengan mudah.

  • Botol

Apakah anda memiliki botol bekas di rumah? Jangan langsung dibuang, karena botol bekas dapat dijadikan alat untuk mengusir tikus. Berikut adalah cara mengusir tikus dengan menggunakan botol bekas. Cukup mudah membuat jebakan tikus ini, pertama-tama siapkan botol bekas dan kawat yang tidak terpakai. Lalu buatlah botol seolah-olah memiliki mekanisme jungkat-jungkit supaya tikus yang berada di dalam perangkap tersebut bisa terjebak saat masuk ke dalam botol. Saat memancing tikus untuk datang, jangan lupa arahkan corong botol ke atas. Kemudian, apabila tikus masuk mengambil umpan, saat kembali berjalan otomatis botol akan tertutup karena berat pada tubuhnya. Jebakan sederhana yang dibuat dari botol bekas, tidak hanya mudah dibuat, tetapi efektif juga.

  • Kertas

Jebakan selanjutnya, menggunakan bahan kertas. Bahan-bahan lainnya yang perlu anda siapkan yaitu, kertas bekas yang tidak terpakai, selotip, dan umpan. Umpan yang dipakai bisa dari biji jagung, beras atau keju. Cara membuat jebakan tikus ini, pertama-tama siapkan kertas yang dibentuk setengah lingkaran, kemudian berikan selotip pada bagian pangkal kertas tersebut. Lalu, siapkan tempat sampah pada bagian bawah dari ujung kertas tersebut. Ketika tikus masuk ke dalam kertas maka berat tubuhnya akan membuat tikus jatuh ke dalam bersama gulungan kertas yang sudah dibuat tadi. Cukup mudah bukan membuat jebakan tikus dari bahan kertas?

  • Alat Makan

Apakah anda memiliki alat makan bahan plastik yang sudah tidak terpakai? Buatlah jebakan tikus dengan alat makan tersebut. Cara membuat jebakannya cukup mudah, siapkan alat makan yang berbahan plastik atau kaca dan siapkan juga penyangga yang cukup kuat yang berfungsi untuk menyangga alat makan tersebut. Kemudian, letakkan umpan yang menarik perhatian tikus, seperti keju, selai kacang, sosis, daging atau makanan-makanan lainnya yang disukai tikus, supaya hewan pengerat tersebut masuk ke dalam perangkap. Lalu, pada saat tikus telah berada di dalam perangkap, penyangga yang tadi digunakan dibuat agar dapat menutup otomatis dan tikus dipastikan akan terjebak di dalamnya.

  • Tutup Kipas Angin

Cara membuat jebakan tikus yang berikutnya, yaitu dengan menggunakan tutup kipas angina bekas. Apabila anda memilikinya, jangan langsung dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk membuat jebakan tikus. Cara membuat jebakannya, pertama-tama siapkan tutup kipas angin bekas, tali dan sebuah penyangga. Kemudian anda hanya perlu menyangga tutup kipas angin dengan sesuatu yang cukup tinggi, dan membiarkan tikus masuk ke dalam perangkap. Lalu, talikan penyangga tersebut dengan umpan tikus yang sudah dipilih. Apabila seekor tikus dapat menarik umpannya, penyangga akan ikut tertarik dan tutup kipas akan otomatis menutup dan memerangkap tikus di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.