Prestasi yang Pernah di Raih Tim Nasional Indonesia

3 'Prestasi' Timnas Indonesia di Piala AFF dalam 6 Tahun Terakhir -  INDOSPORT

Sepak bola ini merupakan salah satu olah raga yang paling banyak di gemari oleh masyarakat di indonesia, maka dari itu masih banyak sekali orang yang salalu update tentang berita bola. Sepak bola ini di sukai oleh berbagai golongan dari mulai anak kecil orang dewasa hingga orang tua. Pertandingan yang paling di nantikan oleh masyakat adalah pertandingan dari Timnas Indonesia, karena tim yang satu ini terdiri dari pemain-pemaiin terbaik dari seluruh club yang ada di indonesia. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas beberapa prestasi yang sudah di raih oleh timnas indonesia. Yuk langsung saja mari kita bahas penjelasannya di bawah ini!

  1. Piala Dunia Tahun 1938
    Walaupun pada piala dunia yang di selenggarakan di Prancis ini bukan diwakili oleh timnas sepakbola Indonesia, hal ini karena indonesia masih ada di bawah jajahan Hindia Belanda. Tapi negara Indonesia ini tetap bangga karena para pemain NIVU yang merupakan tim yang berangkat dengan bendera Hindia Belanda terdiri dari orang pribumi. Penampilan NIVU pada piala dunia ini mencatat sejarah sebagai tim sepak bola Asia pertama yang ikut bermain di piala dunia.
  2. Olimpiade Tahun 1956
    Pada sebuah ajang yang diselenggarakan di kota Melbourne Australia, tim nasional Indonesia ini memang gagal untuk meraih tropi juara. Tapi Timnas ini sudah berhasil membuat sensasi dengan menahan imbang permaianan tanpa gol untuk tim raksasa sepakbola dunia saat itu, yaitu Uni Soviet.
  3. Asian Games Tahun 1958
    Tim yang di latih oleh Toni Pogacknik ini juga ikut bermain di Asian Games tahun 1958. Pada pertandingan yang digelar di Tokyo, timnas indonesia ini berhasil meraih sebuah medali perunggu. Kemenangan yang satu ini cukup berkesan dan juga sulit terlupakan karena medali ini merupakan yang pertama untuk timnas sepakbola Indonesia di sebuah ajang resmi turnamen Internasional.
  4. SEA Games Tahun 1987
    Acara yang di selenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang ada di senayan Jakarta, tim nassional Indonesia untuk pertama kalinya sukses menjadi juara pada SEA Games. Kemenangannya di sebabkan oleh Ribut Waidi yang berhasil menyarangkan satu gol ke gawang timnas Malaysia di sebuah partai final yang berlangsung dengan seru dan juga menegangkan.
  5. SEA Games Tahun 1991
    pada tahun 1991 tinman Indonesia untuk kedua kalinya berhasil kembali meraih medali emas di ajang yang cukup bergengsi antar negara Asia Tenggara yang saat ini berlangsung di Manila, Filipina. Indonesia memenangkan pertandingan di babak final dengan mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 melalui adu penalti.
  6. Piala Asia Tahun 2007
    Tim nasional sepakbola Indonesia juga meraih kemenangan keduanya pada ajang piala Asia dengan mengalahkan tim dari Bahrain dengan skor 2-1. Padahal dulu tim ini pernah menyingkirkan timnas Indonesia di even yang sama beberapa tahun sebelumnya. Pada piala asia 2007 ini, striker indonesia yaitu Elie Aiboy berhasil mencetak sebuah gol yang indah ke gawang Arab Saudi, karena hal tersebut membuat para penonton sepakbola nasional tersentak hingga membanjiri stadion utama. Tapi tetap di sayangkan tim yang pada saat itu di latih oleh Ivan Kolev ini tetap gagal untuk lolos ke babak kedua, setelah timnasa indonesia ini dikalahkan oleh tim kuat Korea Selatan dengan skor 1-0 di pada laga terakhir saat penyisihan grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.