Cara Membuat Bubur Sumsum Yang Enak

5 Resep Membuat Kreasi Bubur Sumsum yang Menarik, Rasanya Unik!

Indonesia sangat kaya akan kuliner yang sangat enak. Tidak heran jika kuliner di Indonesia ini selalu mendapatkan penghargaan. Makanan di Indonesia juga kaya akan rasa termasuk makanan manisnya. Makanan manis di Indonesia seperti bubur sumsum adalah salah satu makanan manis yang enak. Tidak heran jia bubur sumsum disukai banyak orang. Bubur sumsum sendiri memiliki rasa yang enak dan lembut sekali. Biasanya bubur sumsum ini suka ada di posyandu karena anak-anak menyukainya. Para lansia juga mudah memakannya karena sangat lembut teksturnya. Jika anda ingin membuat bubur sumsum ini. Berikut adalah beberapa cara membuat bubur sumsum yang enak.

  1. Bubur Sumsum Mutiara

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 200 gram Mutiara sagu, air sebanyak ½ panci ukuran sedang, santan kara 2 bungkus, tepung beras 300 gram, santan karan yang dilarutkan dalam air 2 bungkus, gula pasir 1 sendok makan, garam, dan air 200 ml.

Cara membuat bubur sumsum Mutiara ini adalah dengan mencampurkan tepung beras ke santan yang wadah berbeda. Jadi sebelumnya anda bagi dahulu santan ke dalam dua wadah. Kemudian di santan pada wadah kedua panaskan dan masukkan gula setelah itu berikan garam. Selanjutnya anda masukkan tepung berasnya dengan api kecil saja. Kemudian tahapan membuat bubur Mutiara sekarang dengan memasukkan Mutiara ke dalam air yang mendidih. Jika sudah mengental sisihkan. Buat larutan gulanya dengan memasukkan gula dan tambahkan gula. Untuk kuah santan di wadah pertama tadi didihkan dan kemudian masukan bubur sumsumny dan bubur Mutiara. Terakhir kuah larutan gulanya.

  1. Bubur Sumsum Original

Resep yang kedua ini hadir dengan keaslian bubur sumsum. Bahan-bahan yang dibutuhkan:daun pandan 7 lembar, garam 1 sendok teh, santan 800 ml, tepung beras 100 gram.

Cara membuat bubur sumsum original ini mudah sekali. Anda harus menyiapkan santan sebanyak kurang lebih 650 ml yang anda bagi ke dalam 2 wadah. Selanjutnya ambil 1 wadah berisi santan dan masukkan daun pandan dan didihkan. Kemudian wadah santan kedua masukkan pada tepung beras yang berada di dalam panci. Aduk-aduk tepung berasnya hingga mengental. Setelah itu tambahkan garamnya. Jika sudah anda masukkan pada santan dalam wadah pertama dan didihkan lagi hingga donan tercampur semua. Kemudian anda buat kuah gula merahnya, dengan memasukkan gula merah ke dalam air. Jika sudah matang anda bisa cicip dahulu. Kurang manis, tambahkan lagi gula merahnya.

  1. Bubur Sumsum Daun Pandan

Bubur sumsum yang selanjutnya ini adalah bubur sumsum dengan pandan yang bewarna hijau. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur sumsum pandan adalah tepung beras 500 gram, daun pandan 5 lembar, santan kelapa 1 bungkus, gula merah 2 buah, dan garam. Jangan lupa juga siapkan pewarna pandan warna hijau.

Cara membuatnya bubur sumsum daun pandan adalah rendam daun pandannya selama 5 menit. Selanjutnya campurkan ke dalam tepung beras. Masukkan juga santan, pewarna pandan sedikit saja dan garam. Nyalakan api dan taruh ke atas api. Anda aduk-aduk agar bubur sumsumnya tidak lengket. Selanjutnya sisihkan dahulu jika sudah matang. Tahapan selanjutnya adalah membuat kuah gula merahnya dengan mengiris-iris gula merahnya. Lalu masukkan pada panci yang berisi air. Jika sudah, didihkan dan aduk-aduk hingga gula merahnya larut semua. Jika sudah taruh bubur sumsum dan kuah dalam satu mangkuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *