ATASI JERAWAT DENGAN CARA ALAMI

5 Buah-Sayur yang Bisa Mengatasi Jerawat Membandel dan Cara Mengolahnya


Wajah yang mulus menjadi dambaan setiap wanita hingga mereka rela merogoh kocek lebih untuk melakukan perawatan. Saran dari para youtuber terkadang sangat menggiurkan, sehingga terkadang langsung ingin mencoba tanpa pikir dua kali. Alhasil, timbullah jerawat yang disebabkan bahan-bahan kimia yang tak cocok dengan jenis kulit. Kondisi paling parah biasa terjadi jika jerawat yang muncul tak kunjung hilang atau bahkan memenuhi wajah. Rasanya ingin ganti wajah saja.

Saat sudah merasa putus asa, cobalah tengok ke sekeliling Anda. Bahan-bahan disekeliling Anda memanggil dan seolah berkata “aku bisa membantu masalah yang sedang kau hadapi”. Jadi, mari kita simak ulasan berikut ini.

Jeruk Nipis

Siapa yang tak kenal buah satu ini. Buah kecil yang dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan. Tak hanya itu, jerawat pun dapat diatasi dengan perasan jeruk nipis. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis, seperti sitronelal dan sitronelol, mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes). Hal ini dikarenakan bahan kimia tersebut telah teruji dapat digunakan sebagai antibakteri. Jika Anda ingin menggunakan jeruk nipis sebagai obat jerawat, Anda bisa melakukannya dengan cara belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian peras air jeruk nipis dan diletakkan pada wadah, lalu tambahkan sedikit air. Anda bisa mengaplikasikan air perasaan tersebut menggunakan kapas. Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

Bawang Putih

Iya, Anda tak salah membaca. Bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang jerawat. Mengapa? Karena bawang putih mengandung sulfur yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup mengiris bawang putih lalu mengoleskannya pada wajah yang berjerawat.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang dapat memberikan warna kuning pada makanan. Tetapi, dalam kunyit juga mengandung bahan kimia yang dapat dijadikan sebagai antibakteri sehingga peradangan pada wajah akibat jerawat dapat berkurang. Bahan kimia tersebut adalah kurkumin, sebagai senyawa aktif dalam kunyit. Banyak penelitian telah dilakukan terhadap kurkumin sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Anda bisa menggunakan air perasan kunyit ke wajah.

Hal terpenting untuk diketahui jika Anda memilih mengobati jerawat dengan bahan alami, yaitu proses yang dibutuhkan untuk menyembuhkan jerawat tidak akan secepat obat dan mengaplikasikan bahan diatas secara langsung ke wajah dapat menyebabkan iritasi bila tidak dilakukan secara tepat.

Cara yang lebih aman untuk menggunakan bahan-bahan alami, antara lain dengan mencampurkan dengan air untuk menurunkan konsentrasi senyawa atau dicampur dengan madu yang dapat digunakan sebagai masker. Pilihan lainnya, yaitu dengan mencampurkan kunyit ke seduhan teh sehingga dapat dinikmati dalam keadaan hangat. Selain itu, Anda dapat mencampurkannya dengan susu dan madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *