Diare Berkepanjangan? Waspada Kemungkinan Adanya 3 Penyakit Ini

Hasil gambar untuk diare berkepanjangan


Seperti yang Anda tahu, diare itu adalah salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi. Saking umumnya, tidak sedikit orang yang menganggapnya sepele. Padahal, jika diare tersebut tidak ditangani dengan cepat dan tepat, bisa berujung pada hilangnya nyawa si penderita. Untuk menangani diare juga tidak susah, karena ada cukup banyak obat diare alami untuk dewasa maupun anak-anak. 

Tetapi memang ada beberapa kasus dimana diare tidak bisa berhenti bahkan hingga berminggu-minggu meskipun sudah mengkonsumsi obat antidiare. Diare yang seperti ini bisa saja terjadi bersamaan dengan penyakit yang lain. Setidaknya ada 3 penyakit yang menyertainya. Adapun ketiga penyakit yang dimaksud ialah sebagai berikut. 

5 Penyakit yang Bisa Muncul Bersama Diare Berkepanjangan

1. Kanker Usus Besar

Kanker usus besar ini biasa juga disebut sebagai kolorektal. Ini biasanya sering terjadi pada orang yang usianya sudah mencapai 50 tahun ke atas. Untuk kasus ini, biasanya gejala yang sering muncul ialah terjadi perubahan terhadap pola buang air besar, entah itu diare berkepanjangan atau justru konstipasi. 

Kondisi ini umumnya juga disertai oleh perut yang terasa kembung, nyeri pada perut yang hilang dan timbul, terjadi penurunan berat badan secara drastis, mudah lelah serta muntah berulang. 

2. Kolitis Ulseratif

Kolitis ulseratif ini merupakan jenis peradangan usus yang biasanya terjadi dalam jangka waktu panjang. Kondisi ini mengakibatkan adanya luka pada saluran cerna. Untuk diarenya sendiri, terkadang disertai dengan tinja yang bernanah atau berdarah. 

Selain itu, biasanya akan terjadi penurunan berat badan, kram pada perut, nyeri pada perut dan sulit buang air besar meskipun terasa mulas.

3. Penyakit Crohn

Penyakit Crohn merupakan gangguan yang diakibatkan oleh peradangan yang terjadi pada lapisan sistem pencernaan. Peradangan ini bisa terjadi pada semua bagian yang termasuk dalam sistem pencernaan, yang dimulai dari mulut hingga anus. 

Gejalanya ialah diare berulang dan berkepanjangan. Mudah lelah, penurunan berat badan, nyeri perut yang bertambah parah saat malam dan tinjanya berdarah atau berlendir.

Selain dari ketiga penyakit tersebut, tentu masih ada penyakit yang lainnya. Yang pasti, jika Anda atau anggota keluarga ada yang mengalami diare berkepanjangan, sebaiknya segera bawa ke dokter. Tetapi jika Anda mendapati anak yang muntah-muntah, Anda bisa membuka  https://www.goapotik.com/promo/obat-muntah-anak untuk mendapatkan obatnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *