Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Remaja

Hits di Kalangan Millennials, Ini 3 Fakta Tentang Efek Bokeh

Anak muda dizaman sekarang ini tidak aneh lagi dengan yang namanya gadget seperti smartphone dan komputer tablet, apapun OS atau sistem operasinya. Gadget bagi remaja  sekarang ini tidak hanya digunakan untuk media komunikasi saja tetapi juga multifungsi. Salah satu yang menjadi daya tarik sendiri bagi para remaja adalah media sosial, karena disini mereka akan dapat bersosialisasi ataupun dapat menunjukkan kreativitas yang mereka punyai. Memang ada bermacam macam manfaat yang bisa didapat dari gadget seperti untuk menghitung, mengakses internet, mengrim pesan, bermain games, dan juga untuk jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Tetapi dampak buruknya juga banyak  seperti berperilaku individualisme, kecanduan media sosial, menjadi pemalas dan lupa waktu, dan beberapa dampak buruk lainnya.

Tetapi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget pada remaja ini sehingga tidak perlu khawatir. Berikut beberapa cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja diantaranya yaitu :

  1. Dengan Mematikan WiFi Di Rumah

Biasanya penggunaan WiFi di rumah ditujukkan supaya kita akan bisa lebih menghemat ketersediaan kuota yang ada didalam gadget. Cobalah dengan menghentikan langganan WiFi di rumah dan hanya penggunaan kuota internet yang ada didalam gadget saja. Dengan melakukan cara ini maka akan lebih terbatasnya penggunaan gadget didalam setiap harinya.

  1. Dengan Hanya Satu Menggunakan Media Sosial

Seringnya kita memeriksa media sosial padahal tidak ada notifikasi apapun didalamnya. Atau dengan mengupdate diseluruh media sosial yang dipunyainya tentang kegiatan sehari hari yang dilakukannya. Padahal didunia nyata ini banyaknya hal menarik yang bisa kita lakukan. Sehingga beberapa kejadian yang terjadi didunia nyata tidak perlu semunnya kita bagikan fotonya atau videonya di dunia maya.

  1. Dengan Tidak Menggunakan Power Bank

Hindari juga untuk membawa power bank karena dengan membawa alat ini maka pada saat gadget kita tiba tiba kehabisan daya maka kita tidak perlu khawatir gadget akan kehabisan daya. Sebaiknya power bank ini mulai ditinggalkan sehingga akan teraturnya penggunaan gadget dengan sebaik mungkin.

Itulah beberapa cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja seperti yang dikutip berita teknologi. Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti dengan mematikan gadget satu jam sebelum tidur sehingga pada saat tidur kita tidak perlu memeriksa gadget yang kita miliki. Pada saat akan tidur sebaiknya bereskan semua hal yang mengharuskan kita menggunakan gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *