3 Makanan Yang Disarankan Untuk Ibu menyusui

Bagi seorang wanita, memiliki seorang anak merupakan hal terindah dan menjadi kebanggaan. Anak merupakan karunia Tuhan yang paling indah, dan menjaga serta merawatanya adalah hal penting yang harus dilakukan terutama oleh para wanita yang menjadi seorang ibu. Ketika anak lahir, ASI menjadi asupan makanan yang paling penting untuk diberikan, sedangkan ASI itu sendiri hanya didapatkan dari seorang ibu yang melahirkan. Kebutuhan ibu menyusui di dalam hal makan jelas akan berlebih, karena selain membutuhkan nutrisi untuk dirinya sendiri, ibu menyusui juga membutuhkan nutrisi untuk ASI bagi anaknya. Biasakan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui seperti yang banyak disaranakan oleh para ahli kandungann dan juga dokter anak.

Ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu menyusui diantaranya yaitu :

  1. Telur

Telur telah lama dikenal sebagai sumber protein hewani yang banyak sekali manfaatnya. Telur juga merupakan pilihan yang paling mudah untuk ibu menyusui. Untuk menambah asam lemak esensial pada air susu ibu, maka pemilihan telur yang difortifikasi DHA. Penyajian yang paling baik adalah dengan cara merebus telur dan disajikan bersama makanan pokok seperti nasi ataupun roti.

  1. Kurma

Kurma adalah camilan manis yang berasal dari dataran Arab yang kaya kandungan kalsium, kurma ini diercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Kurma juga merupakan salah satu makanan yang rasanya manis tapi tidak membuat berat badan naik, karena kurma juga merupakan makanan yang kaya akan serat.

  1. Jeruk

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, karena kandungan yang terdapat pada buah jeruk ini merupakan salah satu sumber energy yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun ibu menyusui.

Itulah tiga jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, selain itu, ada juga makanan lainnya yang disaranakn untuk dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi penting untuk ibu dan juga bayi yang tengah menyusui. Memberikan anak ASI sangatlah penting sekali untuk pertumbuhan dan juga daya tahan bayi dari berbagai penyakit berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *