Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Gula Darah

Orang yang sudah terkena penyakit gula darah tidak boleh mengkonsumsi makanan apa saja, karena apabila makanan yang dikonsumsi mengandung banyak gula atau glukosa akan semakin memperparah penyakit tersebut. Ketika penderita gula darah memakan makanan dengan karbohidrat yang tinggi gula darahnya akan semakin meningkat dan akan berdampak buruk terhadap kesehatan, apalagi ketika penyakit gula darah sudah parah aka nada efek-efek negatif lainnya yang timbul. Jadi segera lakukan cara menurunkan gula darah dengan baik dan sehat adalah dengan menjaga pola makan. Asupan makanan yang masuk kedalam tubuh harus benar-benar dijaga. Oleh karena itulah selain menjaga asupan makanan yang bisa berdampak pada penderita gula darah, juga harus mengetahui makanan apa yang sehat dan baik untuk dikonsumsi dan bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Di Indonesia penyakit ini lebih dikenal dengan istilah diabetes. Beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh penderita penyakit gula daraha biasanya adalah: rasa pusing, syaraf yang rusak, cepat lelah, bahkan jika sudah parah bisa menyebabkan penyakit jantung.

 

Makanan yang sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit gula darah adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi, mengandung kalori dan rendah lemak. Dengan makanan-makanan tersebut gula darah dalam tubuh dapat terkontrol. Dibawah ini merupakan beberapa makanan yang bisa menjadi referensi bagi penderita gula darah :

  1. Mengkonsumsi makanan dari biji-bijian utuh atau bisa juga yang mengandung karbohidrat yang kompleks, seperti terdapat dalam nasi merah, oatmeal, sereal dan juga kentang panggang.
  2. Daging merupakan makanan yang bergizi dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun untuk penderita gula darah sebaiknya daging yang dikonsumsi adalah daging yang dimasak dengan cara direbus, dipanggang atau di bakar. Mengkonsumsi dagaing yang dimasak tersebut merupakan cara menurunkan gula darah yang alami.
  3. Kemudian cara alami untuk menurunkan dan mengontrol gula darah yang berikutnya adalah dengan rajin mengkonsumsi sayur-sayuran. Tetapi sama dengan daging atau makanan yang lainnya, sebaiknya sayur-sayuran juga dimasak seperti memasak daging, atau yang lebih baik dikonsumsi secara mentah atau setengah mateng. Jangan lupakan juga program diet dan olahraga agar tubuh selalu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *