Berkenalan dengan IDPRO, sebuah Asosiasi bagi Penyelenggara Data Center Indonesia

Perkembangan data center Indonesia semakin pesat saja. Pertumbuhannya kian menunjukkan grafik positif seiring dengan pesatnya pertumbuhan bisnis berbasis internet di negara ini. Selain faktor itu, terdapat juga dukungan pemerintah berupa dikeluarkannya peraturan pemerintah yang mengatur tentang penyimpanan data pada sektor finansial yang membatasi adanya upaya penyimpanan di luar negara Indonesia tanpa persetujuan khusus. Hal inilah yang kemudian membuat peluang perusahaan data center di Indonesia menjadi semakin luas. Luasnya peluang ini kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang informasi dan teknologi untuk membangun data center milik mereka sendiri untuk kemudian dikomersilkan. Banyaknya data center yang kemudian bermunculan akhirnya membuat sebuah asosiasi bernama IDPRO terbentuk.

Industri data center Indonesia yang melejit di masyarakat membuat sejumlah organisator data center di Indonesia meliputi DCI, Elitery, GTN, Nexcenter, Telkomsigma, dan XL Axiata, kemudian sepakat membentuk sebuah asosiasi data center. Dalam pembentukannya, terdapat pula dukungan dari Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia. Kesemuanya lalu mendirikan sebuah asosiasi yang diberi nama Indonesia Data Center Provider Organization atau disingkat menjadi IDPRO. Tujuan dari pembentukannya adalah sebagai sebuah rumah yang akan mempertemukan seluruh penyelenggara data center yang tumbuh di Indonesia. Asosiasi ini akan mendukung sepenuhnya seluruh penyelenggara yang ada dan juga mendukung pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai sebuah negara yang melek digital.

Wujud lain bentuk dukungan IDPRO bagi kemajuan digital di Indonesia adalah mengumpulkan seluruh penyelenggara data center dan mengoordinasikan mereka supaya berada pada jalur yang benar. Dalam perekrutan anggota asosiasi, IDPRO tidak memberikan persyaratan yang sulit untuk dipenuhi sehingga memungkinkan perorangan hingga korporasi untuk bergabung dalam satu rumah yang sama ini. Lebih jauh, adanya asosiasi yang diakui ini diharapkan dapat ikut mengembangkan data center Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Membantu pendirian data center juga akan diupayakan dengan langkah pemberian fasilitas berupa layanan dukungan dan pembekalan fasilitas. Semua hal yang telah disebutkan tidak lain dan tidak bukan adalah demi kuatnya eksistensi data center di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *