7 Tips Ampuh Menjaga Rumah Wilayah Panas Anda Tetap Dingin

Mencari jual rumah surabaya atau kota besar lain memang secara ekonomi membawa keberuntungan dan kemudahan bagi Anda. Namun, dengan iklim yang panas, tinggal di kota besar akan sangat menyiksa. Penggunaan pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC memang cukup membantu. Namun, penggunaan dua alat elektronik tersebut dapat membuat tagihan Anda membengkak.

Bukan hanya itu.

Panas dan udara polusi menjadi masalah yang rumit untuk Anda yang memiliki tempat tinggal di kota besar yang penuh polusi udara hingga memerangkap panas yang tinggi di udara. Faktor lain yang berpengaruh adalah faktor gaya hidup. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan beberapa tips dari artikel ini agar Anda dapat tinggal di tempat yang cenderung pengap dan panas, seperti beberapa kota besar di Indonesia pada umumnya. Hanya dengan memanfaatkan dan memaksimalkan semua yang ada di rumah Anda serta sedikit mengubah gaya hidup Anda.

Hemat Listrik, Matikan Semua Peralatan Elektronik yang Tidak Penting Saat Siang Hari

Semua peralatan elektronik yang aktif akan menghasilkan sejumlah kalor atau panas saat beroperasi. Oleh karena itu, cobalah matikan peralatan elektronik yang tidak diperlukan seperti lampu dan peralatan lain, termasuk colokan steker listrik yang tidak sedang terpakai. Cara ini akan efektif menurunkan beberapa derajat suhu di rumah Anda. Dengan demikian, Anda telah menghemat biaya bulanan, hemat energi sekaligus mengurangi tambahan panas di rumah Anda.

Perbanyak Ventilasi dan Jendela Untuk Sirkulasi Udara dan Pencahayaan Alami

Tambahlah jumlah dan ukuran ventilasi serta jendela dirumah Anda untuk memaksimalkan sirkulasi udara serta agar Anda dapat memanfaatkan cahaya alami sebagai penerang. Jadi Anda tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari. Gunakan lampu hemat energi, seperti LED, di rumah Anda. Lampu neon atau lampu LED memiliki intensitas cahaya lebih tinggi dibandingkan bohlam biasa. Namun memancarkan panas yang lebih sedikit dan lebih hemat energi. Cocok untuk ruangan yang membutuhkan pencahayaan lampu sebagai tambahan.

Pasang Tirai Untuk Mencegah Sengatan Matahari Saat Siang yang Terik

Sinar matahari, saat pagi hari memang baik untuk kesehatan karena dapat merangsang biosintesis vitamin D dalam tumbuh kita. Namun, saat mencapai tengah hari, sengatan terik matahari akan sangat berbahaya dan membuat rumah Anda menjadi panas serta cenderung gerah. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan tirai yang baik untuk mencegah sengatan cahaya mentari masuk. Namun Anda tetap dapat mengalirkan udara dan sebagian kecil sinar mentari menerangi rumah Anda

Pasang Kipas Angin Atau AC di Tempat yang Tepat

Apakah Anda pernah merasa bahwa AC atau kipas angin Anda tidak berguna? Hal ini kemungkinan terjadi karena Anda tidak tahu ada cara yang benar dan cara yang salah untuk menggunakan kipas angin atau AC di rumah Anda. Nah, jika ingin memaksimalkan fungsi alat pendingin seperti kipas dan AC, cobalah letakkan AC atau kipas dekat dengan ruangan tempat keluarga Anda berkumpul dan usahakan searah dengan posisi tempat Anda dan keluarga duduk. Atau posisikan tempat duduk tersebut searah dengan arah hembusan kipas maupun AC rumah Anda. Hingga hasilnya maksimal dan Anda tetap merasa dingin dan sejuk di kota yang cenderung panas dan lembab.

Anda juga dapat menambahkan penyemprot air otomatis yang akan menjaga udara tetap dingin dihari dimana cahaya mentari menyengat dan udara menjadi panas dan terik. Embun dari air akan menyerap panas dari udara hingga udara dalam rumah Anda akan menjadi lebih dingin beberapa derajat.

Tanamlah Beberapa Tanaman Peneduh

Tanamlah beberapa tanaman peneduh seperti pohon mangga, pohon ketapang, dan pohon peneduh lain di dekat jendela, halaman depan dan belakang rumah Anda. Tanaman peneduh akan mencegah cahaya langsung masuk dan membawa panas kedalam rumah Anda. Dengan demikian, jumlah kalor yang bergerak dirumah Anda akan berkurang.

Selain itu, pohon-pohon tersebut juga akan memproduksi oksigen serta menyaring polusi hingga udara di rumah Anda lebih segar dan bebas dari ancaman kesehatan yang diakibatkan oleh polusi udara. Selain itu, udara yang rendah polutan juga lebih sedikit menyerap panas hingga udara di rumah Anda akan beberapa derajat Celcius lebih dingin jika dibandingkan dengan sebuah rumah yang tidak memiliki tanaman peneduh seperti rumah Anda.

Penutup

Demikian artikel cara membuat rumah Anda sejuk jika Anda tinggal di rumah di Surabaya atau kota besar lain yang memiliki polusi udara yang tinggi hingga menyebabkan rumah Anda menjadi panas dan pengap. Inti dari artikel ini adalah mengurangi panas dan polusi udara dengan memaksimalkan sirkulasi udara di rumah Anda dan dengan menghemat energi, hingga peralatan yang mengeluarkan panas, tidak dapat berkontribusi dalam bertambahnya rasa gerah dalam rumah Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *