Kiat Memilih Kipas Laptop USB yang Tepat

Laptop menjadi salah satu peralatan elektronik yang saat ini banyak dimiliki tidak hanya oleh orang yang sudah bekerja namun juga dimiliki oleh anak sekolahan bahkan siswa Sekolah Menengah Pertama. Karena laptop digunakan secara terus menerus maka kipas atau fan dari komputer jinjing tersebut tidak dapat bertahan lama dan berfungsi dengan maksimal. Akibatnya, laptop menjadi cepat panas membuat Anda mau tidak mau harus menggunakan kipas laptop USB atau yang disebut juga dengan cooling pad.

Terdapat beberapa tips untuk Anda memilih cooling pad. Pertama yaitu dengan memilih jenis cooling pad yang mudah untuk dipindah-pindahkan. Saat ini ada jenis cooling pad yang dijadikan satu dengan meja sehingga susah untuk dibawa walaupun beberapa diantaranya antara meja dan kipas tersebut dapat di pisah. Dengan fleksibilitas tersebut, akan memudahkan Anda untuk membawa kemana saja misalnya jika Anda membutuhkannya di tempat kerja Anda ketika cooling pad yang ada di tempat kerja Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Namun, sebaiknya pilih jenis cooling pad yang kipasnya bisa dipindahkan sehingga dapat menyesuaikan dengan tata letak dari ventilasi laptop sehingga pendinginan dapat bekerja secara maksimal. Akan tetapi karena sebagian besar cooling pad untuk laptop memiliki kipas yang tidak bisa dipindahkan maka sebaiknya pilih jenis cooling pad yang kira-kira letaknya di sekitar ventilasi laptop namun jangan langsung pada ventilasinya karena angin yang akan dihembuskan cooling pad tersebut dapat menyebabkan udara tertahan dan tidak dapat masuk ke dalam atau tidak mendinginkan maksimal.

Kedua adalah perhatikan ukuran kipas. Pilih jenis kipas laptop USB yang ukurannya lebih besar sehingga dapat memberikan hembusan angin yang cukup besar. Namun, pertimbangkan juga mengenai daya yang harus digunakan untuk menghembuskan cooling pad tersebut. ketiga adalah jumlah kipas. Umumnya, cooling pad menggunakan 2 buah kipas namun tidak sedikit yang hanya memiliki 1 buah kipas saja dengan ukuran yang lebih besar. Penggunaan kipas lebih dari 1 dapat membantu untuk menghasilkan udara lebih banyak sehingga dapat mendinginkan laptop lebih maksimal.

Keempat adalah kecepatan kipas. Ternyata kipas untuk laptop yang menggunakan USB memiliki kecepatan putaran yang akan membantu untuk menghasilkan angin sehingga dapat mendinginkan laptop. Anda dapat menanyakannya langsung ke petugas atau penjualnya namun untuk melihat mana yang lebih cepat, Anda dapat melakukan perbandingan langsung dengan membandingkan 2 atau lebih kipas laptop tersebut dan lihat, kipas mana yang memiliki putaran yang lebih cepat. Akan tetapi, jika Anda membelinya di toko online, maka lihat spesifikasi dari cooling pad tersebut dan lihat di bagian RPM-nya.

Kelima adalah dengan melihat tingkat kebisingan nya. Masing-masing cooling pad memiliki tingkat kebisingan tersendiri. Ada yang terlalu bising namun ada juga yang tenang dan bahkan suaranya tidak kedengaran. Kebisingan cooling pad akan mempengaruhi kerja Anda misalnya jika terlalu berisik maka tidak hanya akan mengganggu suara dari playlist Anda namun juga mengganggu konsentrasi kerja atau belajar Anda.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan untuk memilih dan membeli kipas laptop USB, yaitu:

  • Arah kipas. Ada 2 jenis arah kipas yaitu kedalam (menghembuskan panas ke dalam) yang lebih cepat untuk mendinginkan laptop dan keluar (menyerap panas) yang lebih mudah untuk menghalangi agar debu tidak masuk ke laptop.
  • Bahan cooler laptop ada yang terbuat dari plastik, besi ataupun alumunium. Sebaiknya pilih jenis cooling pad yang agak mahal namun memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *