Cara Mudah Membuat Air Terjun Pasir Aquascape

Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquascape – Pernahkah Anda melihat akuarium yang didalamnya ada air terjun? bagus kan? Jika saat ini anda sedang menggeluti hobi berkebun dalam air di akuarium atau lebih dikenal aquascape, maka hal berikut ini akan sangat bermanfaat untuk hobi Anda.

Hal ini akan membuat akuarium anda bertambah indah dan membuat siapaun yang melihatnya berdecak kagum. Tentunya dengan settingan yang harus disesuai agar lebih menarik.

Sebenarnya yang Anda lihat tersebut bukanlah air terjun air yang asli, melainkan pasir putih yang berjatuhan sehingga terlihat seperti air terjun. Muncul lah pertanyaan, kok bisa pasir putih tersebut berjatuhan secara terus menerus tiada henti?

Dengan ilmu fisika tentang tekanan yang bekerja pada zat cair, semua ini bdapat dijelaskan dengan logis. Tapi disini saya tidak akan menjelaskan ilmu fisika, melainkan menjelaskan Cara Membuat Air Terjun Pasir Aquascape.

Cara Mudah Membuat Air Terjun Pasir Aquascape

Cara Membuat Air Terjun Pasir Aquascape

Untuk membuat air terjun aquascape dalam akuarium ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahannya sebagai berikut:

  1. Pipa paralon berdiameter 1 inch atau ukuran kurang lebih 25cm, untuk panjangnya dapat Anda sesuaikan dengan Aquariumnya.
  2. Sambungan paralon berbentuk L
  3. Obeng yang berfungsi sebagai pembolong paralon
  4. Selang aerator media penutup, untuk menutupi paralon dan menjadi media jatuhnya pasir, Anda juga dapat menggunakan kayu, batu-batuan,  atau apa saja sesuai kreasi.
  5. Aerator (pembangkit gelembung)

Proses Pembuatan Air Terjun Pasir di Aquascape

  1. Buat rongga pada ujung paralon untuk tempat pasir masuk
  2. Lalu buat lobang seukuran selang dengan obeng yang telah dipanaskan.dipinggir sambungan belokan paralon.
  3. Masukkan selang melewat lobang tersebut dan tarik sampai ke ujung paralon.
  4. Gunakan aerator diujung selang dan letakkan diujung bawah paralon.
  5. Pastikan jika ujung aerator sejajar dengan bawah paralon.
  6. Setelah itu masukkan kedalam aquarium dan nyalakan aerator, jika air menyembur dari ujung paralon maka tahap ini berhasil, sekarang letakkan ujung bawah paralon di pasir lembut.

Tunggulah sampai pasir terbawa dan jatuh berhamburan disekitar paralon, agar pasir tak berhamburan buatlah wadah penampungnya. Dibuat sedemikian rupa agar tumpahan pasir terhisap kembali oleh paralon. Selesai sudah air terjunnya dan tinggal berkreasi sendiri untuk mempercantiknya.

Bagaimana mudah bukan membuatnya? Selesai sudah pembahasan singkat mengenai Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquascape, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.