Cara Menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur baru yaitu kamu bisa mengetahui apakah pesan telah terbaca atau belum oleh si penerima. Seperti kita ketahui bahwa fitur ini telah lama ada di BBM. Untuk sebagian orang fitur ini merupakan kelebihan, karena pengirim dapat mengetahui pesannya telah dibaca atau belum. Tapi ternyata untuk sebagian orang fitur ini justru sangat merepotkan. Karena jika pengirim pesan telah mengetahu bahwa penerima telah membaca pesannya, timbul “rasa tidak enak” jika tidak membalasnya.

Sobat dapat mematikan / menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca WhatsApp tersebut dengan mudah sepeerti yang telah tercantum pada Q&A WhatsApp. Caranya pilih menu (tiga titik) yang terdapat di pojok kanan atas  > masuk ke setting (pengaturan) > klik Accounts (akun) > tekan privacy (privasi) > setelah itu hilangkan centang di opsi “Read receipts”.

Untuk mengilangkan “rasa tidak enak” tadi dan tetap menerima notifikasi terbaca pada pesan, caralengkap akan memberikan beberapa cara mudah untuk menonaktifkan / mematikan centang biru / tanda pesan terbaca Whatsapp.

Menghilangkan / Mematikan / Menonaktifkan Tanda Centang Biru Whatsapp

1. Menggunakan Notifikasi Pop-up

Pada trik kamu tidak perlu menginstal aplikasi. Kamu hanya perlu melakukan settingan supaya ketika mendapat pesan di whatsapp akan muncul notifikasi pop up. Caranya mudah, pertama masuk ke setting whatsapp > kemudian Pemberitahuan > Pop-Up Notifikasi > Hanya ketika layar off > Selesai.

Jika muncul notifikasi pesan baru, kamu jangan klik “lihat” maupun “tutup” tapi klik home. Dengan demikian kamu dapat membaca pesan tanpa diketahui oleh pengirim.
Akan tetapi trik hanya berlaku jika layar smartphone dalam keadaan mati. Eits.. jika dalam keadaan hidup, kamu dapat melalukan trik kedua.

2. Memasang Widget WhatsApp

Cara ini sangat mudah yaitu dengan memasang widget whatsapp di home screen, kamu dapat membaca pesan dari whatsapp tanpa harus membukanya. Perlu digaris bawahi jika kamu tidak membuka pesan tersebut, pengirim tidak akan mengetahui jika pesan tersebut telah dibaca.

3. Instal Notifikasi Lock Screen

Pada smartphone terbaru (android 4.4 Kitkat dan berikutnya), kamu dapat mengaktifkan notifikasi lockscreen untuk membaca semua pesan masuk tanpa membukanya. Tetapi pada android versi sebelum kitkat, kamu harus menginstal lockscreen terlebih dahulu yang menyediakan fitur notifikasi lockscreen.

4. Menggunakan Airplane Mode

Dengan mengaktifkan air plane mode / mode pesawat terbang, tentunya tidak ada koneksi internet yang membuat penerima pengirim mendapat notifikasi terbaca. Sebenarnya cara ini hanya “menunda” tanda centang biru / notifikasi terbaca sampai ke pengirim pesan.

5. Menggunakan Titanium Backup

Trik ini sama seperti membaca BBM tanpa muncul R (read), notifikasi terbaca di whatsapp dapat dihindari dengan menggunakan Titanium Backup (pada android rooted).

Caranya mudah, sebelum membuka pesan, backup terlebih dulu whatsapp dengan titanium backup dan jangan lupa untuk mengaktifkan backup data + aplikasi. Kemudian kamu aktifkan air plane mode, setelah itu baca pesan tersebut. Terakhir kamu restore menggunakanTitanium Backup, jika prosesnya telah selesai kamu matikan air plane mode. Dengan demikian pengirim tidak mengetahui jika pesannya sudah dibaca.

Selesai sudah artikel mengenai Menghilangkan / Mematikan / Menonaktifkan Tanda Centang Biru Whatsapp. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *