Cara Membuat HP Android Jadi Modem atau WiFi

Memiliki smartphone saja ternyata belum cukup, seperti yang telah kita lihat, sedang hidup di jaman Android dan tidak afdol jika tidak ada internet, karena internet juga sangat dibutuhkan untuk menggunakan berbagai aplikasi. Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang 2 Cara Buat Android jadi Modem USB atau Wifi tethering agar bisa browsing di laptop atau komputer.

2 Cara Buat Android jadi Modem USB atau Wifi

Untuk menjadikan android anda menjadi modem tidak memerlukan aplikasi khusus. Ini bisa diterapkan di smartphone atau tablet android, baik samsung galaxy, lg, advan, lenovo, smartfren, dan lainnya, dengan syarat memiliki fitur koneksi internet. Anda hanya perlu mengubah setting pada mobile wifi.

Penasaran? Cara Membuat Android Jadi Modem, Berikut 2 cara membuat android jadi modem.

1. Cara Android Jadi Modem Wifi

Sebelum Android dijadikan sebagai modem wifi (Tethering Hotspot), pastikan anda sudah mengaktifkan paket internet, dan pastikan juga laptop atau pc yang akan disambungkan memiliki koneksi wifi.

Cara mengaktifkan android sebagai portable hotspot, sebagai berikut :

  1. Aktifkan Koneksi Internet anda. Caranya, masuk ke menu pengaturan (setting) >> pilih wireless & network >> pilih mobile networks >> Pilih Access Point Names (APN) >> setting dan pilih APN, biasanya sudah teratur otomatis. (Jika Belum, hubungi provider penyedia layanan internet sobat) >> Lalu kembali ke menu mobile networks, beri tanda centang pada data enabled.
  2. Sekarang Android kamu sudah tersambung koneksi internet. Secara default, android anda akan secara otomatis memilih jaringan apa yang akan digunakan : 3G / WCDMA, 4G LTE, atau 2G/ GSM. Tapi anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan sambungan hanya 3G saja, 4G saja, atau 2G saja. Caranya, pada menu mobile network tadi, pilih network mode, lalu pilih sesuai dengan keinginan anda.
  3. Aktifkan Portable Hotspot. Untuk menjadikan android anda modem wifi, aktifkan terlebih dahulu mobile hotspot. Caranya, pada menu wireless & Networks tadi, pilih mobile hotspot >> beri centang mobile hotspot >> pilih Configure Mobile Hotspot, isikan nama hotspot dan password sesuai keinginan, sementara untuk security pilih saja WPA 2PSK klik save.
  4. Selesai, anda tinggal mengoneksikan pc anda ke jaringan wifi yang sudah anda buat tadi dan diisikan password sesuai dengan password yang sudah diatur tadi.

Namun, terkadang cara (Tethering Hotspot) sambungan wifi kurang baik dan membuat baterai smartphone cepat habis. Untuk itu, anda bisa memilih cara yang kedua, yaitu menjadikan android anda modem usb.

2. Cara Android Jadi Modem USB 

Sama halnya ketika ingin menjadikan Android menajdi modem wifi, anda telah berlangganan paket internet yang masih aktif. Tambahannya ialah, pastikan anda sudah menyediakan kabel data sesuai dengan tipe handset yang dimiliki.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Sambungkan Android anda ke komputer atau laptop menggunakan kabel data.
  2. Tunggu hingga di netbook anda muncul notifikasi ponsel tersambung melalui USB.
  3. Install driver smartphone android. Biasanya, pada smartphone keluaran terbaru dan sistem operasi komputer terkini, driver akan terinstall dengan otomatis. Jika tidak terinstall secara otomatis, anda harus mendownload driver smartphone anda terlebih dahulu sesuai dengan sistem operasi komputer yang anda gunakan. Jangan khawatir, anda bisa mendownloadnya menggunakan android anda kemudian memindahkannya ke laptop atau komputer untuk di install.
  4. Jika driver sudah berhasil terinstall, ketika anda mencolokkan usb dari android ke komputer, pada android akan tampil notifikasi supaya anda memilih koneksi seperti apa yang anda inginkan. Pilih USB tethering untuk Membuat Android Menjadi Modem USB.
  5. Selesai. Jika sudah tersambung dengan baik, searng anda sudah bisa melakukan aktifitas browsing seperti biasanya.
Untuk kecepatan internet ketika android digunakan untuk modem bisa dipengaruhi banyak hal. Tapi yang paling utama yaitu provider apa yang digunakan serta paket apa digunakan.
Itulah 2 Cara buat Android jadi Modem USB atau Wifi. Tapi tampaknya CaraLengkap.net juga harus memberikan kelemahan dan kelebihan jika anda menggunakan android sebagai modem, berikut jabarkannya.

Kelebihan Menggunakan Android Sebagai Modem

  1. Cepat, Mudah, dan Murah. Karena anda tidak perlu membeli modem lagi.
  2. Simpel : 3 fungsi menjadi satu sekaligus; Sebagai Modem USB, Modem Wifi, yang pastinya sebagai ponsel, hehe. Juga dapat digunakan untuk berinternet langsung.

Kekurangan Menggunakan Android Sebagai Modem

Jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, tentu akan memperpendek usia baterai smartphone, bahkan umur smartphone anda sendiri. Ini dikarenakan panas yang berlebih serta kerja yang aktifitas yang berat ketika dijadikan modem.
Menggunakan android menjadi wifi tethering membuat baterai android boros secara drastis. Yang sebelumnya bisa bertahan 5 hingga 7 jam, menjadi 1 sampai 3 jam saja.
Untuk itu jika smartphone anda, ponsel yang high end yang mahal, disarankan untuk tidak menggunakannya menjadi modem terlalu lama dan sering. Untuk sambungan usb, sebaiknya jika baterai sudah penuh hentikan menjadikan android sebagai modem, karena sambungan tersebut sekaligus mengisi ulang baterai yang jika diisi terus menerus akan membuat baterai panas hingga baterai anda menggelembung. Lain halnya jika anda rela smartphone cepat rusak.
Demikian ulasan dari CaraLengkap.net mengenai Cara Buat Android jadi Modem USB atau Wifi, tulis tanggapan anda pada kotak komentar. semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *