Cara Membuat Email Baru Gmail 2015 LENGKAP

Menurut Wikipedia Arti dari Email adalah suatu metode untuk bertukar pesan secara digital dari pengirim ke penerima satu atau beberapa penerima. Pesan email Internet terdiri atas tiga bagian: header pesan, pesan amplop, dan badan pesan.

Sejarah, email atau surat elektronik sudah mulai digunakan sejak tahun 1960-an dan sering disebut sebagai email atau e-mail sejak tahun 1993. Di era 1960-an internet belum terbentuk, yang ada hanyalah berupa kumpulan “mainframe” yang membentuk jaringan. Dan sejak tahun 1980-an, email sudah bisa digunakan oleh khalayak umum.

Fungsi Email, antara lain: Pengiriman pesan/file, media berkomunikasi, promosi, informasi, yang semua itu sangat mudah, cepat dan efektif email juga berfungsi untuk membuat akun sosial media, blog/website dan lain-lain.

Langkah Cara Daftar Email Gmail

Langkah pertama: klik link berikut https://mail.google.com hingga muncul kolom formulir seperti berikut ( jika bingung cara mengisinya baca penjelasannya di bawah )

cara membuat email gmail

PENJELASAN KOLOM DATA BUAT EMAIL GMAIL

Nama: Isikan nama depan dan nama belakang anda, misal pada kolom pertama: Ahmad dan pada kolom kedua: Joko

  • Jika nama anda terdiri atas 3 kata maka pada kolom pertama isi contoh: Susilo Bambang Yudhoyono isikan: Susilo pada kolom pertama dan isi: Bambang Yudhoyono pada kolom kedua.
  • Jika nama anda terdiri atas 1 kata maka isi nama anda pada kolom pertama dan pada kolom kedua isi kata bapak atau boleh juga dikosongkan.

Pilih nama pengguna Anda: Isi dengan alamat email yang anda inginkan, carilah yang UNIK dan bisa juga dikombinasikan angka dan tanda titik misal: ahmad.joko2015

  • Secara otomatis alamat email anda diakhiri @gmail.com sehingga tidak perlu menulis @gmail.com pada kolom tersebut
  • HURUF BESAR dan huruf kecil tidak berpengaruh atau sama saja, nanti alamat email anda menjadi huruf kecil
  • Alamat email tidak wajib sama dengan nama anda, misal nama anda Joko, alamat email bisa anda isi dengan: pelajarpulaubangka, atau yang lainnya sesuai dengan keinginan anda yang penting belum ada yang menggunakan alamat tersebut.
  • Jika muncul pesan peringatan “Nama pengguna tersebut sudah digunakan orang lain. Coba yang lain? Atau peringatan  Seseorang telah menggunakan nama pengguna tersebut. Perhatikan bahwa kami mengabaikan titik dan huruf besar dalam nama pengguna. Coba lainnya? anda bisa memilih dari alamat email yang sudah tersedia:
  • Jika anda tidak mau memilih alamat sudah tersedia, anda perlu membuat alamat yang lebih panjang, misal: jokopelajarpulaubanka Atau dikombinasikan dengan angka, misal: 4hmadjoko2015 Atau ditambahkan dengan angka dan titik, misal: ahmad.joko.2015

Buat sandi: Masukan password (sandi/kata rahasia) yang anda inginkan minimal 8 karakter, akan lebih baik jika sandi dengan menggunakan kombinasi angka dan huruf dan panjang, agar kata sandi tidak mudah ditebak.

  • Jangan gunakan nomor handphone, tanggal lahir, nama sekolah, nama hewan peliharaan dan kata-kata lain yang mudah ditebak.
  • Huruf besar (caps lock) dan kecil berpengaruh ( tidak diabaikan ) jadi pastikan tombol CAPSLOCK anda tidak menyala.
Konfirmasi sandi Anda: Masukkan kembali password yang sudah anda masukkan dikolom sebelumnya
Tanggal lahir: Isi tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda
Gender: Silahkan klik dan pilihlah jenis kelamin anda
Ponsel: Masukkan nomor HP anda (boleh tidak di isi, lewati saja)
Alamat email Anda saat ini: Masukkan alamat email lain jika ada (boleh tidak di isi, lewati saja)
Buktikan bahwa Anda bukan robot: Isi kolom Ketik teks: sesuia dengan kode yang anda lihat
  • Kotak ” Lewati verifikasi ini (mungkin dibutuhkan verifikasi telepon) tidak perlu di centang
  • Jika terdiri atas 2 kata pisahkan kedua kode tersebut dengan SPASI sebagaimana pada gambar misalnya:
captcha daftar email gmail
Lokasi: Pilih negara tempat tinggal, misal: Indonesia
Centang Saya menyetujui Persyaratan Layanan Google dan Kebijakan Privasi Google dan hasilnya seperti berikut:
contoh email pendaftaran gmail
Lalu klik tombol biru “Langkah berikutnya” dan terkadang anda akan di bawa ke halaman verifikasi akun dan terkadang tahapan ini tidak ada, jika ada, tampilannya seperti berikut

Masukkan no hp anda, klik pesan text (SMS) lalu tekan Lanjutkan
Hp anda akan mendapatkan SMS berisikan 6 angka yang akan anda masukkan

Tekan tombol Verifikasi dan alamat gmail anda telah jadi. Terakhir tunggu sampai proses email selesai, lalu akan tampil notifikasi judul “Biarkan Gmail yang bekerja”. Klik tombol “Berikutnya” yang terdapat di pojok kanan bawah jika Anda ingin membacanya dan klik tombol X yang terdapat di pojok kanan atas jika tidak ingin membacanya.

SEKARANG EMAIL ANDA TELAH JADI

Terkadang Anda akan diminta untuk memasang Foto Profil dan langkah ini bisa Anda LEWATI, tak hanya itu biasanya ada tahapan yang diharuskan memasukkan nomor hp, disini anda akan menerima nomor verifikasi via HP untuk bisa melanjutkan tahap pembuatan email gmail.

Sekian artikel mengenai Cara Membuat Email Baru Gmail 2015 LENGKAP semoga artikel ini dapat bermanfaat, Selamat Mencoba! (refrensi: caraseobali.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.